Seberapa Positif Anda Berfikir

Bookmark and Share
Terinspirasi dari Buku Positive Thinking oleh Dr. Amit Abraham saya tergugah untuk menulis artikel ini. Bagi saya berpikir positif merupakan kebahagiaan yang abadi, kebahagiaan yang  bisa mengalahkan dari kebahagiaan yang diperoleh dari banyaknya harta. Sering kita ditanya dan kita sendiri bertanya pada diri kita sendiri, apa yang menjadikanmu bahagia dalam kehidupan ini, apakah banyak harta, istri yang cantik, anak yang lucu-lucu,  jadi direktur sebuah Bank., atau selalu berfikir positif dalam kehidupan ini.
Sebagai ilustrasi saya akan mengambil dari mereka yang bahagia dengan banyaknya harta. Kata mereka dengan banyak harta bisa mampu beli segalanya, mobil, handphonen, perhiasan, berlibur dengan kapal pesiar dan lain sebagainya. Apakah kebahagian sudah didapat oleh mereka yang menganggap bahwa dengan banyaknya harta mampu memberikan kebahagiaan didunia ini.
Disisi lain kebahagian itu didapat dengan harta, namun ada sisi lain kebahagiaan belum didapat dengan harta yang banyak. Ketika anda mempunyai harta bermilyar-milyar di rumah Anda, dan belum sempat menyimpannya di Bank,  kemudian harta itu hilang begitu saja, apakah yang  Anda rasakan. Pasti dicuri orang, wah pembantu saya , wah satpam saya yang mungkin mengambilnya. Perasaan cemas dengan hilangnya harta merupakan salah satu bentuk tidak bahagianya hidup.
Berbeda dengan orang yang menganggap bahwa kebahagiaan diperoleh dengan selalu berfikir positif, mereka akan bilang, “ ini bagian dari keteledoran saya, saya kurang beramal dan fikiran-fikiran positif lainnya”  dengan kejadian seperti ini orang yang selalu berfikir positif menjadika  bentuk kebahagiaan dan bukan sebuah kecemasan/kehilangan. Dan ini berlaku untuk kasus apapun dan dimanapun.
Berikut saya tuliskan pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur seberapa Positif Anda Berfikir :
1.    Ada Banyak orang yang lebih baik daripada saya.
2.    Saya selalu ingin segala sesuatunya dilakukan dengan cara saya.
3.    Saya sangat percaya bahwa kesan pertama merupakan kesan terakhir.
4.    Saya tidak membuat keputusan secara terburu-buru.
5.    Saya kurang mempunyai keyakinan dalam hal kemampuan.
6.    Saya menerima kritikan orang lain tentang kesehatan.
7.    Saya tidak pernah memfitnah.
8.    Saya terkenal suka melempar lelucon yang menyakiti orang lain.
9.    Saya berharap saya lebih tampan/cantik.
10.    Saya dengan sabar mendengarkan jika orang sedang  berbicara.
11.    Sebagian besar masalah saya sepertinya tidak ada pemecahannya.
12.    Pikiran saya jernih dari pemikiran-pemikiran kotor.
13.    Satu kesempatan hilang, akan hilang selama-lamanya.
14.    Saya orang yang lurus dan jujur.
15.    Daya kreatifitas hanya untuk para pembentuk, pengembang dan artis.
16.    Saya sangat percaya bahwa saya sangat diperlukan.
17.    Pendapat saya tentang diri saya sangat tinggi.
18.    Saya menaruh hormat terhadap semua orang dari segala kalangan.
19.    Saya selalu merasa benar dengan apa yang saya bicarakan dan lakukan.
20.    Saya dengan tantangan baru.
21.    Saya percaya dengan setiap keputusan yang saya ambil.
22.    Saya tidak suka dengan tanggung  jawab tambahan.
23.    Membuat alasan yang timpang merupakan sebuah seni yang  tidak bisa dilakukan semua orang.
24.    Saya selalu berfikir dua kali sebelum bertindak
25.    Saya selalu berbicara positif tentang  diri saya.
26.    Saya jarang berbicsra positif tentang orang lain.
27.    Hati saya menguasai kepala saya.
28.    Saya tidak mempunyai banyak hal baik yang bisa saya dikatakan tentang diri sendiri.
29.    Saya bisa mencapai apa yang saya impikan.
30.    Semua usaha sebagian besar secara positif terpenuhi.
31.    Menerima kritikan dengan lapang dada merupakan kunci menuju kesuksesan.
32.    Saya mengeluh ketika segala sesuatunyatidak sejalan dengan keinginan saya.
Jawablah pertanyaan diatas dengan jawaban YA atau TIDAK. Setelah Anda menjawab pertanyaan tersebut, berikan 1 point untuk jawaban YA terhadap pertanyaan nomor 1,4,6,7,10,12,14,17,18,20,21,24,25,29,30, dan 31. Dan satu 1 point untuk setiap ja jawaban. Tidak untuk pertanyaan-pertanyaan  nomor 2,3,5,8,9,11,13,15,16,19,22,23,26,27,28 dan 32. Setelah itu jumlahkan semua skor Anda.
-    Jika  skor Anda antara 27-32 Anda mempunyai cara berfikir yang sangat tinggi.
-    Jika skor Anda diantara 20-26, cara berfikir Anda rata-rata.
-    Jika skor Anda diantara 13-19, cara berfikir Anda netral.
-    Jika skor Anda antara  7-12, cara berfikir Anda negatif
-    Dan jika skora Anda antar 0-6, cara berfikir Anda sangat negatif.
Jika Anda seorang pemikir positif, itu baik dan bagus. Tetapi jika tidak, Anda tetap menjadi seseorang. Satu-satunya hal yang  Anda perlukan adalah kehendak untuk berfikir positif.

-------------------------------------------------------------------------------------




{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar