Yang harus di ketahui dalam belajar C# .NET

Bookmark and Share
Langkah awal yang harus di kerjakan oleh pemrogram pemula C#.

Programmer baru terkadang ragu terjun ke dalam bahasa c# karena ditakut-takui oleh sintaks bahasa yang unik seperti karaktek titik koma (;), kurung kurawal {}, dan back slash (\). Akan tetapi, setelah mengenal bahasa c#, umumnya ketakutan-ketakutan ini akan hilang dengan sendirinya. Berikut ini, ada empat prinsip umum yang perlu diketahui sebagai landasan belajar c#.
Case Sensitive
Beberapa bahasa pemrograman besifat case sensitive, sementara ada juga yang tidak. Java, C, C++, dan C# merupakan contoh dari bahasa pemrograman yang case sensitive, tetapi VB (Visual Basic) tidak membedakan antara huruf besar dan kecil. Perbedaan ini dapat membingungkan para -programmer yang sebelumnya belajar VB- terlebih dahulu sebelum tertarik dengan C#, mereka tidak menyadari bahwa keyword, variabel, dan function harus ditulis ke dalam bentuk yang lebih baik. Sebagai contoh, jika Anda hendak membuat sebuah pernyataan berkondisi di c# dengan menulis If bukannya if (huruf kecil), listing Anda tidak akan bisa dikenali dan compiler akan memberikan pesan error ketika Anda mencoba menjalankan kode tersebut.
C# juga memiliki beberapa keyword bawaan (definite preference keywords). Seperti keyword if, for, foreach, while, typeof, dan sebagainya, yang mana mereka selalu ditulis dalam huruf kecil. Ketka Anda mendefinisikan sebuah variabel sebaiknya mengikuti kaidah yang digunakan oleh programmer c# dan juga library class Framework .NET itu sendiri. Ini berarti Anda seharusnya memberi nama variabel dengan awalan huruf kecil ketika membuat variabel private dan mengawalinya dengan huruf besar ketika membuat variabel public. Sebagai contoh, mungkin saja memberi nama variabel private MyNumber di VB dan myNumber di C#. Tentu, Kita tidak harus mengikuti aturan ini selama kita memastikan menggunakan kapitalisasi yang sama secara konsisten.
Catatan: Jika Anda membuat aplikasi yang mungkin dilihat juga oleh programmer lain (misalnya, membangun komponen yang akan dijual ke sebuah perusahaan), menulis kode listing yang sesuai dengan aturan standard sangatlah penting. Visual Studio Help mempunyai informasi tentang pengkodean standard ini dan tentu saja Anda dapat memperoleh ringkasan dari beberapa kasus dalam “IDesign C# Coding Standard” ditulis oleh Juval Lowy yang tersedia di http://www.idesign.net/
Komentar
Komentar adalah teks deskriptif yang akan diabaikan oleh compiler. C# menyediakan dua tipe dasar komentar. Tipe yang pertama adalah komentar baris tunggal, yaitu komentar diawali dengan dua tanda slash (//) dan berlanjut hingga akhir baris. Cara lainnya, programmer c# juga dapat menggunakan komentar beberapa baris yaitu dengan menggunakan tanda /* dan */. Trik ini terkadang digunakan untuk menutupi beberapa blok kode supaya kode tersebut tidak ikut tereksekusi, akan tetapi blok kode ini sebenarnya masih ada di dalam source code. Sehingga jika nanti diperlukan Anda bisa merujuknya atau menggunakannya kembali.
// komentar satu baris
/* komentar
beberapa
baris */
C# juga menyediakan komentar berbasis XMl (eXtensible Markup Language) yang dapat menjelaskan kode Anda secara standard. Menggunakan komentar XML memerlukan tag khusus yang menunjukkan apakah komentar berlaku untuk class, method, parameter dan sebagainya. Berikut adalah contoh komentar yang menyediakan ringkasan sebuah aplikasi.
/// </summary>
/// Ini aplikasi
/// untuk situs e-commerce saya
/// </summary>
Komentar XML selalu dimulai dengan tiga slash (///). Keuntungan menggunakan komentar berbasis XML adalah bahwa automated tools (termasuk Visual Studio) dapat mengesktrak kode dan menggunakannya untuk membangun referensi dan dokumentasi. Untuk informasi lebih lanjut tentang komentar berbasis XML ini silahkan Anda merujuk pada artikel MSDN ini http://msdn.microsoft.com/magazine/cc302121.aspx.
Mengakhiri Pernyataan
C# menggunakan titik koma (;) sebagai akhir dari statement. Setiap pernyataan dalam C# harus diakhiri dengan titik koma, kecuali ketika Anda mendefinisikan struktur blok seperti method, pernyataan berkondisi, atau struktur looping. Dengan menghilangkan kode ini, Anda dapat dengan mudah membagi pernyataan ke dalam beberapa baris kode. Anda hanya cukup mengingat untuk meletakan tanda titik koma di akhir baris pada pernyataan tersebut.
Potongan kode di bawah ini menunjukkan empat cara yang setara untuk melakukan operasi yang sama (menambahkan tiga angka bersama-sama).
// pernyataan dalam satu baris
myValue = myValue1 + myValue2 + myValue3;
// pernyataan dipisah dalam dua baris
myValue = myValue1 + myValue2 +
myValue3;
// pernyataan dipisah dalam tiga baris
myValue = myValue1 +
myValue2 +
myValue3;
// dua kode pernyataan dalam satu baris
myValue = myValue1 + myValue2;
myValue = myValue + myValue3;
Seperti yang dapat Anda lihat pada contoh-contoh di atas, C# memberikan kebebasan untuk membagi statement ke dalam bentuk seperti yang Anda inginkan. Aturan umum praktis adalah membuat blok kode tersebut dapat terbaca sebaik mungkin. Dengan demikian, jika kode pernyataan terlalu panjang bagilah ke dalam beberapa baris sehingga mudah dibaca. Di sisi lain, jika Anda punya kode yang cukup kompleks yang melakukan beberapa opeasi sekaligus, Anda dapat memisahkan pernyataan tersebut ke dalam beberapa baris kode atau memisahkan logic ke dalam beberapa statement agar mudah dibaca.
Blok Kode
C#, Java dan bahasa C semua berkantung pada kode kurung kurawal {}. Anda dapat menemukan kode ini di sebelah kanan keyboard Anda (sebagian besar setelah tombol P).
Kurung kurawal menggabungkan beberapa blok pernyataan menjadi satu. Biasanya pada bahasa lain alasan menggunakan kurung kurawal adalah untuk dipanggil berulang-ulang (loop), pernyataan berkondisi (if else), atau dikelompokan untuk membuat sebuah function. Tapi dalam setiap kasus, kurung kurawal memainkan peran yang sama, yang membuat C# sederhana dan lebih ringkas dibandingkan dengan bahasa lain yang membutuhkan sintaks yang berbeda untuk setiap jenis struktur blok.
{
// pernyataan ditulis disini
}

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar